Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

16 September 2012

Mudik #12; Kapan Bapak Mengajak Saya Keliling Yogyakarta?

Di penginapan Pantai Glagah, Kokap, DI Yogyakarta.
Inilah ungkapan pasangan hidup dari seorang teman yang kebetulan kalau mudik ke Yogyakarta. Sedang pasangannya, sebagaimana teman saya yang mengajar di TK yang saya ungkapkan dalam artikel saya sebelumnya, adalah seorang istri yang memang bukan asli dari udik. Karena lahir dan besar justru di Sumatera Utara. Ungakapannya itu ia sampaikan ketika kami sedang berbincang desninasi mana saja yang bagus yang dapat ia kunjungi di Yogyakarta selain Kraton, Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, dan dua Candi besar yang relatif tidak jauh dari Yogyakarta.

Dan atas pertanyaan itu, saya kemukakan beberapa tempat yang mungkin dapat menjadi altermatif kunjungan. Tempat-tempat itu memang tidak terlalu wah, sebagaimana lima tempat populer tersebut. Diantaranya yang saya sebutkan adalah makan makanan serba jamur di Jejamuran, beli tas Dowa di Godean, membeli oleh-oleh coklat Monggo di Kota Gede, membeli kerajinan dari kulit di Manding, Bantul, atau sekedar cuci mata melihat hasil kerajinan gerabah di Kasongan, atau mengintip proyek wah yang kurang berhasi di Pasar Seni Gabusan, atau juga sederet pantai yang sungguh eksotik di Wonosari seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, dan Pantai Krakal. Atau tempat makan yang jumlahnya cukup sebagai pilihan sepanjang kita berada di Yogyakarta. 

Tempat-tempat  tersebut masih menyisakan beberapa destinasi yang belum saya sebutkan. Tetapi yang paling penting yang menjadi rekomendasi saya kepada teman saat itu adalah bahwa, Yogyakarta tidak sekedar Pasar Bringharjo atau Jalan Malioboro.  Untuk itulah maka jangan lewatkan waktu Anda jika berkunjung atau mudik ke Yogyakarta dan hanya menghabiskan waktu untuk berdiam diri di rumah. Karena tempat-tempat tersebut dapat dijangkau dengan mudah dan murah manakala Anda berkendaraan sendiri.

Untuk itulah maka ungkapan pasangan hidup kawan saya itu menjadi pas untuk disampaikan kepada suaminya sebagai tuntutan; Kapan Bapak ingin mengajak saya 'berkeliling' Jogja pada saat mudik lebaran nanti?
Jakarta, 15 September 2012.

No comments: