Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

07 March 2010

Kepel

Inilah buah kepel yang kebetulan tumbuh dan menjadi besar di halaman rumah orangtua saya di Wojo, Dadirejo, Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah.


Foto ini saya ambil pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2010. Bersamaan saya menjenguk anak di Yogyakarta.

Musim buah kali ini merupakan yang paling lebat sejak pohon itu mulai berbuah. Dan saya pesan sekali dengan keluarga yang ada di Wojo untuk memberitahukan bila buah tersebut masak. Saya ingin anak dan istri mencoba buah yang sangat jarang ditemukan ini.


Mengapa saya sangat berkeinginan agar anak dan istri dapat merasakan kenikmatan buah ini? Karena terlalu sulit memberikan gambaran tentang buah ini. Sering saya memperbandingkannya dengan buah kecapai. Tetapi perbandingan ini hanya pas pada model buahnya. Yaitu kulit dan cara makannya. Dimana daging buah yang harus dimakan ada pada diantara biji yang ada di dalamnya. Tetapi soal rasa sangat berbeda.

Nah, Sabtu tanggal 6 Maret 2010, saat saya ada pertemuan di Al Ikhlas Cipete, Cilandak, Jakarta Selatan, ada kabar bahwa buah ini telah matang. Tandanya? Ketika kuku tangan kita goreskan pada kulit buah yang berwarna cokelat, maka kulit ari tersebut akan tergores dengan meninggalkan warna kuning.

Benar saja. Pada Ahad, 7 Maret 2010, buah itu telah sampai di rumah. Dan ketika istri saya mencoba buah ini. Ada sensasi yang baru pertama kali dirasakannya!

Inilah bagian dalam dari buah itu. Bagaimana seperti yang saya gambarkan sebelumnya. Dari bijinya, tumbuhan baru tumbuh. Dan itu telah saya coba untuk sebarkan kepada teman-teman. Di sekolah pun, saya telah menanamnya. Mungkin tahun 2020, pohon itu sedah mulai berbuah. Tahun dimana saya pensiun sebagai karyawan tetap menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan.
Jakarta, 7 Maret 2010.


1 comment:

Anonymous said...

Sri Rahayu: Kunjungan perdana Pak..!!

Wah bagus bgt blog na.Mungkin saya bakal sering mampir nih.

O ya..!! Hadits opening itu saya copast ya... Berpahala lo sharing. he he he..

Jika ada wkt mampir jg k rmh maya sy..

Salam kreatifitas