Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

30 January 2024

Tiba di Jeddah

Senin, 5 Juni 2023 dini hari, pesawat yang membawa kami mendarat dengan halus di Jeddah. Sampai bandara yang luas, bersih, dan cenderung lengang pada saat kami menuruni tangga menuju gerbang Imigrasi. Super sekali.

Sebuah pemandangan yang amat sangat kontras dengan apa yang kami pernah alami di bulan April 2017 pada saat kami melaksanakan Umroh. Dimana saat itu kami harus mengantri dengan pelayanan yang menuntut kesabaran.
 
Alhamdulillah. Kedatangan kami di Jeddah dengan suasana yang mengesankan ini. luar biasa! Bersyukur bahwa akhirnya Allah takdirkan saya dan istri sampai Jeddah untuk prosesi perjalanan haji tahun 2023. Perjalanan yang tertunda. 

Karena pada haji tahun 2022, semua persiapan haji saya dan istri sudah lengkap. Mulai manasik, suntik meningitis, pakaian seragam dan ihrom, serta kopernya. Namun hingga keberangkatan haji yang terakhir, visa haji furoda kami tidak keluar. Ditunggu, namun Allah belum memperjalankan kami bersama separuh kuota haji di tahun itu. Tahun pandemi Covid 19. 
 

Saya menerima dengan setulus hati atas kenyataan itu. Karena Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hambanya. Saya yakin. Ada hal yang lebih baik bagi saya dan istri untuk tidak berangakat haji tahun 2022 itu. 

Ada yang seru saat kami baru saja keluar dari gardabara dan menemukan toilet.  Dimana seorang yang antri didepan saya dan sedang berdiri di urinoir, tiba-tiba seorang jamaah nyelonong dan langsung cuur di sampingnya. Muncrat air seninya sebelum sampai pada lubang pembuangan yang masih  dipergunakan. 

Bapak yang atri di awal dan sedang menunaikan tugas itu ternyata menjadi teman satu kamar dengan saya. Pengusaha Forklif dari Surabaya. Sementara yang menyeruduk antrian karena tidak sabar dan tidak bisa menahan buang air kecil itu adalah pengusaha kopra dari Banyuasin, Sumatera Selatan, yang saat mabit di Mina kasurnya di seberang saya.

Saat mengecekan passport,  saya benar-benar surprise. Karena lokasinya yang terang benderang, luas, tanpa ada antrian. Ini pemandangan yang jauh berbeda pada saat saya melakukan perjalanan Umroh di bulan Mei tahun 2017. Kala itu kami harus antri dan lambat antriannya bergerak maju. Seperti yang pernah disampaikan oleh pembimbing haji saat menarik haji tahun 2022.


No comments: