Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

03 Februari 2017

Boleh Lihat CCTVnya Pak?

Sore hari, menjelang pukul 16.00 datang tidak kurang 5 siswi kelas 7 SMP kami ke ruangan kantor saya. Mereka datang seperti terlihat kurang percaya diri akan dapat saya terima atau tidak. Oleh karena itu satu anak yang berada di depan dari rombongannya, mengetuk pintu ruangan, dan menyampaikan maksud kedatangannya kepada saya.

"Saya perlu tahu Pak, apakah tadi pagi saya benar membawa hp atau tidak. Karena saya sudah cek di mobil ternyata tidak saya temukan. Tapi saya yakin sekali ke sekolah bawa hp." Demikian kalimat yang dia sampaikan kepada saya setelah saya balik tanya untuk apa meminta busa melihat relaman CCTV di pagi hari.

Saya mencoba membukakan sauran CCTV yang dapat mereka buka dan lihat rekamananya sebagaimana yang anak-anak itu minta. Jujur, saat itu saua sedang mempersiapkan satu dokumen untuk kepentingan rapat dengan dua kepala sekolah menjelangan pukul 17.00. Tetapi kedatangan anak-anak itu, saya akhirnya mengalah. Dan setelah password CCTV saya buka, dan mencobakan kehadapan mereka, maka satu diantara anak-anak itu ingin mencoba untuk menggantikan posisi saya agar saya bisa kembali ke komputer meja saya dan mereka tetap dapat mengekplorasi apa yang dibutuhkannya.

Sesekali saya masih memberikan panduan tentang bagaimana menemukan jam tayang yang dibutuhkan, nomor kamera yang diinginkan, dan juga membolak balik hari dan tanggalnya. Tampak sekali kalau anak-anak itu cepat menyerap apa yang saya maksudkan. Dan mereka seperti terseterum semangat luar biasa untuk mencari tahu. Termasuk waktu rekam yang mereka inginkan sendiri.

Dan atas apa yang mereka lakukan itu, saya harus menyadari bahwa beberapa fungsi dari rekaman CCTV yang sebelumnya belum pernah saya sentuh, oleh tangan anak-anak itu 'diketemukannya' dengan kecepatan oenguasaan mengoperasikan yang mengagumkan.

Pengalaman beberapa waktu bersama mereka di ruangan saya yang juga menjadi sentral rekaman CCTV sekolah, membuat saya kagum dan sumringah bahwa anak-anak kita memang anak-anak yang luar biasa mengesankannya. Setidaknya ketika mereka membuka rekaman CCTV sekolah sebagaimana yang mereka inginkan!

Jakarta, 3 Februari 2017.

Tidak ada komentar: