Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

20 Oktober 2015

Kepala Kambing Bacem

Seperti pada perjalanan saya sebelum-sebelumnya untuk melakukan pembuktian atas apa yang diceritakan kakak yang sejak kecil hingga mudanya tinggal di wilayah Pakem khususnya dan Sleman pada umumnya, tentang makanan yang harus saya coba. Dan pada kali ini pembuktiannya adala apa yang menjadi ceritanya tentang makanan langka yang berupa bacem kepala kambing. Saya tertarik untuk mencoba pertama kali adalah karena jenis dan nama makanannya.
Kartunama Pak H Sukirman.

Karena, lumrahnya bagi saya, bacem itu adalah tahu atau tempe. Tetapi kepala kambing bacem? Ini menjadi daya tarik tersendiri buat saya. Dan atas nama penasaran itulah saya niatkan untuk mencobanya, jauh sebelum saya benar-benar berada di Yogyakarta. Dan kesempatan itu datang disaat saya pulang kampung guna bertemu anak-anak dan besan dipertengahan Oktober 2015.
Salah satu kliping liputan media yang menjadi hiasan dinding 

Hanya berbekal alamat 'dekat pasar Colombo' yang ada di sebelah kanan jalan arah Kaliurang dari Jogjakarta, saya mencoba untuk mengintip lokasi sembari mengemudi. Benar saja, petunjuk itu saya temukan ketika ada plang nama Apotek Colombo. Tetapi sore itu saya belum ingin mampir, karena tujuan yang akan saya datangi disore sebelum waktu Magrib tiba itu adalah wisata Kaliurang. Maka perjalanan saya lanjutkan hingga benar-benar sampai di Kaliurang untuk memesan Teh Poci dan Sate Kelinci. Baru setelah perjalanan menuju Selokan Mataram, dimana anak saya berada, saya mampir untuk memastikan keberadaan becem kepala kambing!
Peta lokasi yang mudah ditemukan
Apa kesan saya setelah memesan satu porsi bacem kepala kambing dan satu tongseng kaki kambing? Memuaskan! Sungguh sajian makanan yang unik dan cerdas. Mungkin tertarik untuk mencobanya?

Jakarta, 16-20 Oktober 2015.

Tidak ada komentar: